Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi KonsumenE-Commerce PerspektifHukum Positif Dan Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus Marketplace Tokopedia)
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk tanggung jawab marketplace Tokopedia dalam upaya melindungi hak konsumen dari kasus kebocoran data pribadi, serta menganalisis dari sisi perspektif hukum positif dan hukum ekonomi syari'ah terhadap upaya perlindungan data pribadi konsumen pada transaksi e-commerce oleh Tokopedia.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis. Pendekatan ini difokuskan untuk mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma hukum positif. Peneliti juga menggunakan pendekatan Statutory Approach atau disebut pendekatan perundang-undangan yang juga mengacu pada hukum Islam khususnya dalam lingkup hukum ekonomi syari'ah yang tedapat pada Al-Qur'an, Hadits, dan Fatwa. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan Casses Approach atau disebut pendekatan kasus. Pendekatan kasus penelitian ini berobjek pada kasus Tokopedia.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kebijakan privasi yang tertera pada syarat dan ketentuan Tokopedia masih belum sesuai dengan peraturan perundang-undangan karena masih terdapat klausul yang mengandung pembatas-an tanggung jawab dalam melindungi dan menjamin keamanan data pribadi. Selain itu pengaturan mengenai data pribadi di Indonesia belum mampu mengakomodasi secara maksimal karena masih bersifat parsial. Didesaknya agar RUU Perlindungan Data Pribadi segera disahkan menyisakan ruang agar terwujudnya kepastian hukum. Kemudian, dalam tinjauan hukum ekonomi syari'ah perlindungan data pribadi ini merupakan wujud sebagai penerapan dari tujuan syari'ah yaitu dalam hal menjaga harta (hifzhul maal).
63/HES/2022 | 63/HES/2022 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah UIN Jakarta :
Jakarta.,
2022
Deskripsi Fisik
xii, 114 hal,29cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain