Implementasi Kebijakan Privasi Terhadap Data Pribadi Pengguna E-Commerce Ditinjau dari UU No 27 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Data Pribadi (Studi Kasus Lazada)
Penelitian ini membahas permasalahan terkait implementasi kebijakan privasi terhadap data pribadi pengguna e-commerce ditinjau dari uu no 27 tahun 2022 (studi kasus lazada). bocornya data pribadi menjadi isu hangat dalam beberapa bulan belakangan, terlebih dengan disahkannya Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi di 2022 membuat para perusahaan E-Commerce harus sudah mulai beradaptasi dengan peraturan yang baru.
Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi kebijakan privasi lazada dalam melindungi data pribadi para pengguna serta mengetahui bentuk tanggung jawab lazada dalam upaya melindungi data pribadi menurut undang-undang perlindungan data pribadi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian yuridis-normatif, sementara pendekatan penelitian yang digunakan peneliti ialah pendekatan kasus (cases approach) dan pendekatan peraturan perundang-undangan (statue approach), dengan metode analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ternyata lazada di dalam kebijakan privasi mereka belum sepenuhnya menerapkan norma yang ada di Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi terutama di poin retensi dokumen yang belum di jelaskan di kebijakan privasi lazada, kemudian bentuk tanggung jawab dari lazada jika terjadi kebocoran data pribadi adalah terkena sanksi administratif dan pengguna yang data pribadinya dicuri berhak untuk meminta ganti rugi dan dapat menggugat perusahaan.
21/HES/2023 | 21/HES/2023 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah UIN Jakarta :
Jakarta.,
2023
Deskripsi Fisik
x, 68 hal, 29cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain