Selamat datang di
Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ketik kata kunci dan enter

Perlindungan Konsumen Dalam Jual Beli Mystery Box Pada Marketplace Tokopedia

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perlindungan konsumen terhadap Jual-Beli Mystery Box pada Marketplace Tokopedia serta untuk mengetahui dampak terhadap praktik Jual-Beli Mystery Box pada Marketplace Tokopedia di kalangan masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yang meliputi hasil observasi, wawancara, peraturan perundang-undangan, doktrin-doktrin dan ketentuan hukum lain yang membahas mengenai konsep perlindungan konsumen. Kemudian data sekunder yang terdiri dari buku-buku teks, jurnal, majalah, koran, dokumen, ketentuan-ketentuan syariah khususnya terkait perlindungan hukum jual beli mystery box , dan sebagainya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktik jual-beli Mystery Box pada marketplace Tokopedia kurang memenuhi unsur-unsur yang terdapat pada hukum perlindungan konsumen yang disebabkan karena tidak terpenuhinya kewajiban para Pelaku Usaha dalam memberikan kepastian terhadap informasi barang yang dijualnya. Oleh karena itu, hal ini bertentangan dengan pasal 7 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Selain itu, praktik jual-beli Mystery Box juga termasuk jual beli gharar karena tidak adanya kepastian terhadap barang yang menjadi objek transaksi, sehingga akad jual beli tersebut menjadi tidak sah karena dalam transaksi ini ada ketidakjelasan yang bisa menyebabkan perselisihan. Praktik jual beli mystery box pada marketplace Tokopedia memberikan dampak yang membuat beberapa masyarakat yang dalam hal ini merupakan konsumen mystery box merasa dirugikan. Hal ini disebabkan karena barang yang diterima tidak sesuai dengan jumlah uang yang dikeluarkan. Dalam hal ini, seperti yang tercantum pada Pasal 45 Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) apabila konsumen merasa dirugikan, maka konsumen dapat menggugat pelaku usaha melalui lembaga yang bertugas menyelesaikan sengketa atau melalui pengadilan yang berada di lingkungan peradilan umum.
Ketersediaan
35/HES/202335/HES/2023Perpustakaan FSH Lantai 4Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

35/HES/2023

Penerbit

Fakultas Syariah UIN Jakarta : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

viii, 79 hal, 29cm

Bahasa

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

35/HES/2023

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Chat Pustakawan