Implementasi Perlindungan Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli Online Pada Platform Mediv.Id Berdasarkan Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Dan Fatwa Dsn-Mui
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Fatwa DSN MUI Nomor 146/DSN-MUI/XII/2021 mengenai praktik transaksi jual beli online yang terjadi pada platform MEDIV.ID, lalu bertujuan mengetahui perlakuan pihak MEDIV.ID dalam mengatasi pengembalian barang (retur) dalam transaksi jual beli online apabila terjadi kesalahan dalam transaksi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum normative dan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu UU Perlindungan Konsumen, Fatwa DSN MUI, dan Wawancara pada Customer Mediv.id.
Dari hasil analisis penulis pada Customer Mediv.id terkait Perlindungan Konsumen perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam terdapat kesesuaian anatara kedua regulasi tersebut, namun terdapat kelalaian dalam pihak Mediv.id dalam proses pengaduan Customer tidak direspon secara langsung atau terjadi kelalaian dari pihak Mediv.id
77/HES/2023 | 77/HES/2023 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah UIN Jakarta :
Jakarta.,
2023
Deskripsi Fisik
viii, 104 hal, 29cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain