PERBANDINGAN PELAYANAN ADMINISTRASI
PERNIKAHAN PADA KANTOR URUSAN AGAMA
KECAMATAN JAGAKARSA DENGAN KANTOR URUSAN
AGAMA KECAMATAN SAWANGAN DEPOK BERBASIS
SIMKAH GEN 4.0
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kantor Urusan Agama (KUA) yang
merupakan instansi pemerintahan sebagai garda terdepan pelayanan masyarakat
dalam bidang keagamaan perlu menerapkan keterbaruan berdasarkan PMA Nomor
19 Tahun 2018 perihal pemberlakuan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah
berbasis Website (SIMKAH) pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan.
Hingga saat ini keterbaruan sistem tersebut sudah mengalami perkembangan
sampai dengan SIMKAH Gen 4.0.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi administrasi
pernikahan berbasis Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) di Kantor
Urusan Agama Kecamatan Jagakarsa dan Kantor Urusan Agama Sawangan Depok
dengan SIMKAH GEN 4.0 kemudian apa saja kendala ataupun hambatan yang
terjadi dalam proses pelaksanaannya serta strategi yang dilakukan oleh kedua KUA
tersebut dalam menghadapi berbagai tantangan. Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif analisis yakni dengan melakukan wawancara dan studi dokumen.
Penelitian ini juga bertujuan untuk membandingkan KUA Kec.Jagakarsa
dengan KUA Kec.Sawangan dalam segi SIMKAH GEN 4.0 dan juga
membandingkan kendala serta hambatan yang dialami oleh masing-masing KUA
agar bisa menjelaskan bahwa dari segi masyarakat dan juga letak daerah sangat
berpengaruh dalam pengoptimalan SIMKAH GEN 4.0
Hasil penelitian menunjukan bahwa KUA Kecamatan Jagakarsa dan KUA
Kecamatan Sawangan telah berhasil mengimplementasikan pelayanan administrasi
SIMKAH Gen 4.0, dari hal tersebut namun adakalanya masing-masing KUA
mengalami berbagai hambatan atau kendala seperti sistem server yang terkadang
tidap dapat diakses bahkan dari sisi sumber daya manusia nya pun masih terdapat
beberapa yang belum memahami dengan baik keterbaruan sistem ini. Tetapi kedua
KUA tersebut menjalankan beberapa strategi guna menciptakan implementasi
SIMKAH Gen 4.0 sebaik-baiknya, yaitu dengan cara berkoordinasi langsung
dengan operator SIMKAH pusat kemudian terus mencoba mengakses sistem
v
khususnya pada jam tertentu dan juga senantiasa memberikan pendampingan
pelayanan kepada masyarakat yang belum paham terkait SIMKAH Gen 4.0 ini
115/HK/2025 | 115/HK/2025 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah dan Hukum :
UIN Jakarta.,
2025
Deskripsi Fisik
xi,66 hal;28cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain