ANALISIS KESESUAIAN PRODUK E-MONEY BSI CO–BRANDING BANK MANDIRI DENGAN FATWA DSN NO: 116/DSN-MUI/IX/2017 TENTANG UANG ELEKTRONIK SYARIAH
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis akad-akad pada produk E-Money BSI dan Kesesuaian Produk E-Money BSI dengan Fatwa DSN No: 116/DSN-MUI/1/IX/2017 tentang Uang Elektronik Syariah. Metode penelitian skripsi ini adalah Kualitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari objek yang diteliti dan data sekunder yang diperoleh dari literatur yang relevan dengan penelitian ini, dengan teknik pengumpulan data secara kepustakaan atau library research dan interview.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 mekanisme Produk E-Money BSI, yaitu mekanisme pembuatan dan penerbitan kartu, mekanisme pengisian ulang (top up), dan mekanisme pembayaran yang menghubungkan pihak-pihak terkait. Dari tinjauan prinsip syariah, terdapat permasalahan syariah pada aspek akad E-Money karena tidak memiliki nomenklatur akad dalam operasional produk yang menimbukan ketidakjelasan (gharar). Kemudian dari aspek transaksi, bank tidak melakukan pembatasan atau kontrol terhadap barang yang dijual oleh merchant BSI. Sedangkan pada Aspek Manajerial dan Aspek Alur Transaksi tidak terdapat masalah kesyariahan, karena manajerial produk ini terpisah dari bank penerbitnya yang merupakan bank konvensional. Pelaksanaan keamanan E-Money Mandiri belum memenuhi seluruh unsur yang termaktub didalam Fatwa DSN-MUI No: 116/DSN-MUI/IX/2017 yaitu bagian Ketentuan Khusus terkait kehilangan kartu E-money
95/HES/2023 | 95/HES/2023 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah dan Hukum :
UIN Jakarta.,
2025
Deskripsi Fisik
xi,59hal;28cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain