Selamat datang di
Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ketik kata kunci dan enter

PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PROGRAM CASHBACK E- COMMERCE: ANALISIS PUTUSAN PN KEDIRI No.52/Pid.Sus/2019/PN KDR

No image available for this title
Penelitian ini membahas putusan Pengadilan Negeri Kediri No. 52/Pid.Sus/2019/PN KDR yang berkaitan dengan praktik manipulasi data dalam program cashback pada platform e-commerce Bukalapak. Kasus ini menjadi relevan karena cashback merupakan salah satu strategi promosi yang populer di era digital, namun berpotensi disalahgunakan sehingga menimbulkan kerugian bagi konsumen. Fokus penelitian diarahkan pada bagaimana perlindungan hukum terhadap konsumen ditegakkan melalui instrumen hukum positif Indonesia serta ditinjau dari perspektif Hukum Ekonomi Syariah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pelaku melanggar Pasal 35 dan Pasal 51 ayat (1) UU ITE, Pasal 4 dan 7 Undang Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), serta prinsip-prinsip syariah terkait larangan gharar dan tadlis.
Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan pendekatan deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan analisis putusan pengadilan. Penelitian ini berkontribusi dalam memperkaya khazanah kajian hukum terkait perlindungan konsumen digital, khususnya pada praktik promosi berbasis cashback. Selain itu, penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa regulasi terkait transaksi e-commerce perlu diperkuat agar konsumen lebih terlindungi, serta pentingnya penerapan prinsip syariah sebagai nilai dasar dalam praktik bisnis digital yang beretika dan berkeadilan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan pelaku terbukti melanggar ketentuan Pasal 35 dan Pasal 51 ayat (1) Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), serta tidak sejalan dengan Pasal 4 dan Pasal 7 Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dari sisi hukum Islam, tindakan tersebut bertentangan dengan prinsip kejujuran (ṣidq), keadilan (‘adl), serta larangan gharar (ketidakjelasan) dan tadlīs (penipuan). Hal ini menegaskan bahwa perlindungan konsumen tidak hanya berdimensi yuridis, tetapi juga memiliki aspek etika dan moral dalam kerangka syariah.
Ketersediaan
107/ES/2025107/ES/2025Perpustakaan FSH Lantai 4Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

107/ES/2025

Penerbit

Fakultas Syariah dan Hukum : UIN Syarif Hidayatullah Jakart.,

Deskripsi Fisik

ix,56 hal;28 cm

Bahasa

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

107/ES/2025

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Chat Pustakawan