Selamat datang di
Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ketik kata kunci dan enter

PERTANGGUNGJAWABAN HUKUM ATAS TINDAKAN KURIR EKSPEDISI SHOPEE XPRESS YANG MENYEBARLUASKAN FOTO KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL TWITTER

No image available for this title
Permasalahan utama dalam skripsi ini adalah kurangnya perhatian dan keamaanan terhadap perlindungan data pribadi dari pengguna transaksi elektronik, kurir masih bisa untuk mengakses dan menyimpan data pribadi dari konsumen. Tujuan penelitian skripsi ini untuk mengetahui serta menganalisis hak dan kewajiban dari konsumen dalam memperoleh perlindungan hukum yang dimilikinya, terutama pada permasalahan perlindungan data pribadi dari konsumen yang telah disebarluaskan oleh kurir ekspedisi dimedia sosial. Tolak ukur dalam penelitian ini dengan menggunakan peraturan perundang-undangan, seperti Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik, Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 Tentang Perlindungan Data Pribadi, serta Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah jenis metode penelitian normatif dengan mengacu pada norma dan kaidah sebagai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melihat keadaan di lingkungan masyarakat. Pendekatan yang dilakukan dengan melalui pendekatan Undang-Undang (statute approach) dan studi kasus. Pengumpulan data-data yang diperlukan dilakukan dengan menggunakan teknik studi dokumen atau kepustakaan, serta dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaku usaha seharusnya dapat melindungi penuh atas perlindungan data pribadi dari para penggunanya, sebab konsumen berhak mendapatkan perlindungan atas data pribadinya yang telah diberikan kepada pelaku usaha transaksi elektronik. Konsumen yang mengalami kerugian atau menderita atas akibat dari data pribadinya yang telah disebarluaskan tanpa adanya perizinan maka akan mendapatkan perlindungan hukum secara preventif dan represif. Konsumen dapat melaporkan hal tersebut kepada pihak pelaku usaha maupun kepada pihak yang berwenang untuk diproses, sebagaimana hal ini hanya bisa ditindaklajuti jika adanya sebuah aduan.
Ketersediaan
133/IH/2023133/IH/2023Perpustakaan FSH Lantai 4Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

FAK Syariah dan Hukum UIN Jakarta : UIN Jakarta.,

Deskripsi Fisik

ix, 69 Hal

Bahasa

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Chat Pustakawan