Selamat datang di
Perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ketik kata kunci dan enter

Efektivitas Pemasaran Melalui Metode Bancassurance Terhadap Pertumbuhan Penjualan Produk Asuransi (Studi Pada PT. BNI Life Insurance)

No image available for this title
Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui timbal balik metode
Bancassurance yang di terapkan dalam kegiatan pemasaran terhadap
pertumbuhan penjualan produk asuransi yang di tandai dalam pertumbuhan polis
asuransi serta tingkat keikutsertaan peserta asuransi, lalu mengetahui
perkembangan kegiatan pemasaran melalui metode Bancassurance yang
dilakukan seiring dalam perjalanan bisnis perusahaan. Pendekatan penelitian yang
dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan
adalah deskriptif. Melaui metode wawancara sebagai teknik dalam pengumpulan
data. Subjek dalam penelitian ini adalah PT. BNI Life Insurance.
Hasil yang diperoleh adalah metode Bancassurance merupakan kegiatan
pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dengan menggandeng pihak
perbankan sebagai rekan dalam mendistribusikan produk-produk asuransi.
Bermodalkan infrastruktur dan jumlah nasabah perbankan merupakan suatu
kekuatan yang potensial dalam memperluas jangkauan pasar asuransi secara
massif. Bancassurance yang di implementasikan oleh PT. BNI Life Insurancepemasarannya ternyata memberikan dampak positif terhadap pemasaran asuransi,
dalam hal ini pada aspek pertumbuhan polis asuransi. Tercatat pertumbuhan polis
mengalami tren positif mulai dari tahun 2010 sampai 2015. Pertumbuhan polis
asuransi secara garis besar selalu diiringi oleh tumbuhnya tingkat keikutsertaan
peserta asuransi. Persentase pertumbuhan polis asuransi dan keikutsertaan peserta
dalam metode Bancassurance selalu lebih unggul dibandingkan dengan metode
pemasaran lainnya yang dilakukan oleh PT. BNI Life Insurance. Pada penelitian
ini tampak bahwa pertumbuhan polis tertinggi terletak di tahun 2015, yaitu pada
kisaran 94,33%, yang diiringi dengan tumbuhnya tingkat keikutsertaan peserta
asuransi sebesar 94,33%. Pada sisi penjualan produk asuransi, produk yang
memiliki pertumbuhan signifikan dalam metode Bancassurance adalah produk
Unit Link yang bersifat investasi dengan manfaat asuransi dalam satu kesatuan
dan diperuntukkan kepada nasabah perseorangan (individu). Hal ini menjadi
relevan mengingat bahwa target sasaran pada pemasaran produk asuransi melalui
metode Bancassurance adalah nasabah perseorangan dari pihak perbankan.
Perolehan hasil yang diperlihatkan dalam pemasaran produk asuransi melalui
Bancassurance menjadikan metode ini sebagai prioritas jangka panjang sebagai
tulang punggung dalam aspek pemasaran asuransi bagi PT. BNI Life Insurance
karena sifatnya yang strategis dalam menghadapi tantangan industri asuransi yang
terus mengejar penetrasi pada masyarakat agar semakin besar dalam berpartisipasi
sebagai peserta asuransi.
bekerjasama dengan PT. Bank Negara Indonesia Tbk. dalam melakukan kegiatan
Ketersediaan
4/HES/20164/HES/2016Perpustakaan FSH Lantai 4Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

4/HES/2016

Penerbit

Fakultas Syariah UIN Jakarta : Jakarta.,

Deskripsi Fisik

xiv, 71 hal, 29cm

Bahasa

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

4/HES/2016

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


Chat Pustakawan