Strategi Pemasaran Bank Garansi (Kafalah) Dalam Peningkatan Minat Masyarakat Berdasarkan Analisis Bauran Pemasaran Jasa(Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bintaro Tangerang Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran bank garansi dalam peningkatan minat masyarakat yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Cabang Bintaro dalam upaya membangun kekuatan, mengatasi kelemahan, mengeksploitasi peluang serta menghadapi ancaman yang ada dengan menganalisis bauran pemasaran jasa dan analisis SWOT, serta untuk menjelaskan formulasi strategi pemasaran bank garansi berdasarkan hasil analisis SWOT.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder yang diambil melalui teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Sedangkan analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif dengan mengidentifikasi faktor-faktor SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bank Syariah Mandiri Cabang Bintaro telah menerapkan strategi bauran pemasaran 7P yakni product, price, place, promotion, people ,process, physical evidence. Berdasarkan analsisis SWOT Bank Syariah Mandiri Cabang Bintaro kekuatannya yaitu brand image yang kuat, adanya dasar hukum yang jelas dari pemerintah, penentuan harga sesuai prinsip syariah, bank garansi dapat diterbitkan dalam mata uang valuta asing dan rupiah. Sedangkan kelemahannya yaitu Sistem IT yang belum memadai, pengetahuan SDM yang belum mencukupi. Peluangnya yaitu konsep syariah semakin diminati masyarakat, kebutuhan masyarakat pengguna bank garansi di Indonesia semakin meningkat. Ancaman yang harus dihadapi yaitu kurangnya pemahaman masyarakat mengenai sistem bank garansi syariah. Upaya yang dilakukan dalam menghadapi persaingan yaitu bekerjasama dengan kontraktor, perusahaan travel haji umroh, dan perusahaan lainnya.
8/HES/2016 | 8/HES/2016 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah UIN Jakarta :
Jakarta.,
2016
Deskripsi Fisik
xiii, 73 hal, 29cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain