Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Dan Produk Pembiayaan Mikro Di Pengadaian Syariah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan nasabah
terhadap pelayanan dan produk pembiayaan mikro di Pegadaian Syariah.
Variabel-variabel dalam penelitian ini adalah reliabilitas, daya tangkap, jaminan,
empati, bukti fisik, dan citra produk.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal
dari kuesioner yang disebar kepada nasabah Pegadaian Syariah. Penelitian ini
termasuk survei, diambil sampel dari populasi dengan menggunakan kuesioner
sebagai alat pengumpul data utama. Analisis yang dilakukan adalah analisis
deskriptif, baik deskriptif kualitatif maupun deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan pertama, bahwa tingkat kepuasan nasabah
terhadap pelayanan Pegadaian Syariah tinggi. Faktanya hasil penelitian ini
menunjukkan kepuasan nasabah rata-rata berada pada nilai indeks 77,26 yang
berarti tinggi dari rentang nilai indeks 10-100. Kedua, kepuasan nasabah terhadap
produk pembiayaan Pegadaian Syariah sangat tinggi. Faktanya hasil penelitian ini
menunjukkan kepuasan nasabah rata-rata berada pada nilai indeks 83,25 yang
berarti sangat tinggi dari rentang nilai indeks 10-100. Ketiga, terdapat peningkatan
penghasilan nasabah sesudah menerima pembiayaan mikro dari Pegadaian
Syariah. Faktanya penghasilan nasabah mengalami peningkatan sebesar Rp
409.800,- per bulan.
56/HES/2016 | 56/HES2/016 | Perpustakaan FSH Lantai 4 | Tersedia |
Penerbit
Fakultas Syariah UIN Jakarta :
Jakarta.,
2016
Deskripsi Fisik
xiii, 105 hal, 29cm
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain